Dilema Matematika.

by dimazrisen 12/04/2014 , , 59 Comments



Berakit-rakit kehulu, berenang renang ketepian, bersakit sakit dahulu mati kemudian, eh maksudnya bersenang senang kemudian. yap, siapa sih yang engga pernah denger peribahasa itu ? seolah olah kata kata itu tuh nempel dengan sendirinya dipikiran, tanpa perlu dihafal, tanpa perlu dipelajari, semuanya terekam diluar kepala. bukan!! bukan diluar kepalanya juga, ganteng...

Seandainya matematika dan segala rumusnya adalah peribahasa, mungkin gue bisa dengan santai dan percaya diri kalo ketemu sama banyak angka-angka. ga perlu lagi alasan demam saat ada ulangan matematika, ga perlu lagi galau disaat ketemu banyak angka, kenapa ? karna semuanya sudah ada diluar kepala...

Engga tau kenapa dari dulu dari jamannya gue masih imut imut duduk disekolah dasar gue kurang suka sama pelajaran matematika. salah satu alasan gue saat itu adalah karna gurunya item dan galak. Menurut gue alasan itu adalah wajar dan dimaklumkan. Namanya juga anak kecil, karna biasanya anak kecil kalo salah selalu dimaklumin, jadi bahagialah masa kecil itu.

Setelah 6 tahun gue dimaklumin dengan segala macam alasan gue, tibalah saatnya masa-masa dimana kata "maklum" buat gue sudah kehilangan masa jayanya. larangan serta marahan dari orangtua dirumah maupun disekolah makin berasa buat gue, peraturan demi peraturan mulai diberlakukan buat gue dengan alasan harusnya mikir, udah smp bukan anak sd lagi.

Ini adalah fase dimana gue berfikir kenapa dirumah dan disekolah sama aja, kenapa rumah yang dulu menjadi tempat maklum buat segala alasan gue sekarang sama aja kaya disekolah, kenapa engga ada yang maklumin gue ? mamaaaaaa *ngerengek

Guru matematika gue dismp ini engga begitu berbeda jauh dengan Guru matematika waktu gue sd dulu, kalo dulu Guru matematikanya item dan galak itu cowok, sekarang Guru matematikanya putih judes itu cewek dan yang pastinya masih tetep galak.

Sekarang gue gatau nih mau alasan apa kenyokap kalo nilai ulangan matematika gue jelek, kalo alasannya gurunya judes apa masalahnya ? yang ada gue dimarahin dan dapet ocehan harusnya mikir, udah smp bukan anak sd lagi. ah udah ketebak. selama 2 tahun 4 semester udah kenyang gue sama ocehan itu.

Gue selalu berfikir, kenapa hasil ulangan matematika gue selalu bikin gue sedih, kenapa ? padahal belajar sampe otak ngebul udah, nyontek engga ketauan udah juga, nonton film udah, mungkin punya pasangan doang yang belum, tapi kenapa ? dan selama itu gue selalu nyembunyiin hasil ulangan matematika gue kenyokap.

Repotnya ketika guru matematika ini minta tanda tangan orang tua dikertas ulangannya, duh ileh bu ada aja permintaannya, kalo nilai gue bagus sih gpp bu, lah ini... calon-calon gaboleh keluar main gue yang ada, bakalan dikerangkeng gue kalo nyokap tau nilai gue begini, untung gue udah minum vitamin jadi gue engga kehabisan akal, gue tanda tanganin aja sendiri hehe.. *ini rahasia

Naik kekelas 3 smp gue suka sama seseorang, iya yang pasti cewe, setelah melakukan pendekatan gue jadi tau kalo dia itu pinter matematika, itu yang menjadi alasan gue untuk bisa ngobrol dengannya, dengan sepik-sepik minta ajarin matematika hhe... lama-lama pendekatan sama dia gue sering mabok, iya mabok angka... angka mulu yang dibahas, terus hubungan kita gimana ? *halah

Akhirnya sebelum gue menyerah dan memutuskan untuk berteman aja sama si nona matematika ini gue inget kata kata yang ngebuat pemikiran gue berubah soal matematika. Dia bilang kalo lo mau bisa lo sukain dulu baru lo pelajarin, kalo lo sendiri engga suka gimana mau masuk kalo diajarin yang ada hanya alasan. Jadi intinya kalo lo mau bisa matematika lo sukain dulu, matematika itu asik kok.

Dari situ gue mulai mencoba untuk menyukai matematika, ternyata bener matematika itu engga sesulit yang gue pikirin, buktinya nilai gue semakin membaik dari tadinya dapet nilai 10 sekarang gue bisa dapet 70. ya segitu gue juga udah seneng banget kok. selama ini gue sendiri yang mendoktrin pikiran gue tentang matematika itu sulit.

Lulus dari smp gue mau masuk Smk, yup kata temen-temen gue dan kata iklan serta slogan yang gue nalar disana bakalan lebih sering praktek dibandingkan belajar teori, yihaaa berarti engga ada Matematika!! langsung aja gue daftar masuk smk dengan jurusan Multimedia.

Ternyata...

Semua engga seperti yang gue bayangin, dismk masih ada matematika. kali ini jauh lebih extreme, gue udah engga bisa ngadu sama orang tua lagi tentang gurunya galak, malu dong sama umur udah masuk remaja.

Lagi-lagi kenapa gue dapet guru yang galak ? dari makian, gertakan, hukuman sampai hinaan otak itu dipake jangan ditaro didengkul. ini bener bener jauh diluar dugaan gue, kenapa dismk ini guru matematikanya killer semua ? iya galak udah engga ada apa apanya lagi, sekarang tuh bener bener killer... 

Masuk segan, cabut pelajaran juga takut, disini gue bener bener engga punya pilihan mau engga mau suka engga suka gue harus masuk dan bisa... selama 3 tahun dismk otak gue ngebul soal matematika, gimana engga ngebul, ada dimana satu hari dari pagi sampai satu jam sebelum pulang itu full matematika, itulah hari keramat menurut gue...

Tapi jujur sekarang gue kangen masa-masa itu, disaat gue udah lulus sudah lama lepas dari yang namanya matematika, gue malah merasa kangen, bukan kangen soal matematikanya, gue kangen moment disaat gue sama temen-temen gue dihukum dimaki maki, dimarahin gue kangen itu.

Ternyata dibalik galaknya seorang guru itu ada maksud baik yaitu mendidik muridnya supaya bisa, dan ternyata guru-guru yang galak dan killer itulah yang punya cerita, dan bakal terus diingat dan dikenang, terimakasih bapak/ibu guru matematika yang galak, jasa dan ilmu yang ibu/bapak berikan bakalan terus gue kenang.

dan buat lo pada yang mau jadi guru, jadilah guru yang galak dan killer, siksalah mereka biar mereka akan terus mengengingat siksaan itu hahaha *sesat.
===============================================================================================================================

59 komentar:

  1. Matematika, ohhh matematikaaa...
    Gue setuju bngt nihh. Gua jg gk prnh bisa damai sama yg namamya matematika.
    Tapi, Alhamdulillah, tahun ini gue lulus smk dengan nilai mtk yg gak malu-maluin banget... Meskipun gk bisa nembus angka 5. Hahahaa....
    Tmn sekelas gue rata-ratadpt nilai 1, pada mapel matematika.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha tost dulu dong kalo gitu kalo setuju :D

      haha allhamdulilah ya :') dapet nilai segitu :D

      Hapus
  2. ohh, jadi sekarng elo udh lulus dan belum move on sama pelajaran MTK ? eh momen kena marah gurunya ? kalo gue sih, langsung move on. Emang ngerasa gak ada yg perlu dikangenin dari MTK. wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk iya kangen sama dimarahinnya will haha :D buset segitu parahnya kah sampe gampang banget move on ? haha

      Hapus
  3. Kata2 killer mkg terlalu ekstrim, mkg tujuan mereka cuma satu, Disiplin!! Saya pun sama, guru matematika di SMK sangat tegas & disiplin.hasilnya??? Murid2nya jadi patuh & disiplin juga. Ketimbang guru yg cuma pilih kasih sm muridnya. Saya pernah ngadepin guru yg pilih kasih, gak enak. Guru yg disiplin lebih dikenang muridnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha nah setujuuuuuuuuu deh, tujuannya supaya bisa dan disiplin :D

      Hapus
  4. Hahaha, matematika tuh nyebelin emang :D

    fikrimaulanaa.com

    BalasHapus
  5. Hmm, cerita flashback ke masa silam...
    Emang kalo di liat kebelakang lagi, seru banget, Walopun kita ngga ngerti matematika, pasti banyak juga yang senasib dengan kita.

    Tapi emang guru menjadi faktor keberhasilan kita dalam belajar mtk, Kalo gurunya baik dan good looking kita pasti menjadi serius. Walaupun materinya rumit.
    Gue lulus sma malah ketemu fisdas, kimdas, matdas. Aeh.Maaaaati.

    Aaaaaah, emang sekarang umurnya berapa bang ?
    Salam kenaal bang. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya flashback nihkemasa masa itu... iya kalo gurunya goodlooking pasti bisa serius mungkin hhe... masih 19bang :D

      salam kenal juga ..hhe

      Hapus
  6. Ciyeee "Terus hubungan kita gimana?" Gebertan Dimaz bertanya

    Dimaz menekukkan muka, sambil mulut manyun. Kemudian Dimaz dengan lantang menjawab "Halahhh, inikan bukan sinetron."

    SAD END.

    Hahaha, mau pacaran sama MATEmatiKa. Mengapa sulit, karena ada kata "MATI", jadi. Yang gak kuat harus kuat, supaya gak???? "MATI" :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk...... gue kira ini sinetron -__- hahaha aih mateeee lah haha ___-

      Hapus
    2. Selamet deh, kalo gak kuat, bakalan Mati. :D

      Hapus
    3. wkwk kuat kuatin aja yah berarti ru haha

      Hapus
  7. sepertinya kita beda maz, kalau kamu kangen dengan masa masa dimarahin saat pelajaran MTK, kok aku enggak ya -____-

    nggak tau kenapa seluruh guru matematika di Indonesia rata rata judes atau galak ya, apa jangan jangan mereka masuk ikatan guru galak matematka ya :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya kayanya beda yah haha...

      wah gue juga curiga mereka masuk ikatan guru galak matematika, mesti diselidiki nih... haha

      Hapus
  8. Idem ama yang di atas, dari gue sd amle sma guru matematika itu pasti killer mulu hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya samaaa kalo begitu -__- haha

      Hapus
  9. kayaknya lu bener-bener dilema matematika. kita sama!
    kayak kutipan "do what you love, love what you do" .. gue juga dulu pernah berpikir kayak gitu, gue sukai yang namanya matematika, namun seiring berjalannya waktuu.. gue makin gak suka dengan matematika! *ini apa lagi*

    "masuk segan, cabut pelajaran juga takut." ngakak gua :D
    emang sih, pada akhirnya kita rindu dengan momen-momen yang buat kita kesel, marah, dll sewaktu sekolah. dan saran lu terakhir ituuuu bener-bener sesat wkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahahaha.... gue kira seiring berjalannya waktu lo makin suka... ternyata... wkwkwk

      hahaha iya momen momen itu loh yang ga bisa dilupain haha... ya siapa tau aja saran dari gue dibaca calon guru wkwk..

      Hapus
  10. Matematika itu emang seru bang.... mendingan otak ngebul ngerjain soal matematika yg pake nalar, daripada pala puyeng ngafalin fisika, biologi, dan ips huahah:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seru seru gimana gitu ya bikin greget... :3 hahaha...

      Hapus
  11. Hahaha.. kasusnya sama kayak gue. Gue SD sampe SMP gak pernah dapat nilai matematik lebih dari 7. Pas SMA kelas tiga, saking gurunya nyebelin, galak, tua, tapi ngajarnya enak.. jadinya dikit2 mau belajar dan nilai makin nambah sampe bisa dapat 90. Ahahaha. itu sekali-kalinya dapat nilai matik segitu. lol. Kalau dipelajarin sih, matematik ini enak kok, cuma emang kalau nemu kesuliotan, kita gampang nyerah. wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha cieee banget kan dapet 90... itu pake nengok kanan kiri atau gimana nih ? wkwk... yoi sesungguhnya matematika itu enak dipelajari, iya enak banget ampe gumoh kalo kebanyakan mempelajarinya-___- wkkw

      Hapus
  12. Bapak sy guru math, tapi saya ga suka Mathematica :(

    BalasHapus
  13. Salah satu alasan yang bikin banyak siswa gak suka dengan matematika , selain soalnya yang memang sulit... jg krn guru matematika terkenal galak alias killer.... nah sbgi calon guru matematika #ehm... sy diajarkan untuk bgaiamna menjadi guru matematika yg menyenangkan biar anak2 jg pd welcome sama matematika dn benar yg dikatakan nona mtmtk yg kmu sebutin di atas... agar bisa mengetahui mtmtk... kuncinya... kita harus belajar mencintainya dulu... klu sdhcinta pst deh yg sulit itu bakal terasa mudah... tuh... km sdh buktikan sndr kan, hehe... baca ini jd kangen jg sm masa2 itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya ituuuuu, kadang udah ngeri duluan ngeliat gurunya sebelum keluar soal dan rumusnya -_- , iya kalo udah cinta pasti mudah hhe... :D cinta cinta.. *loh

      Hapus
    2. Iya... krn cinta membuat segalanya menjadi indah... jd pelajaran yang katanya mematikan seperti matematika itu pun akan terasa indah bila dicintai... hahaha ini kok malah ngomong cinta oke... skip:-D

      Hapus
    3. hahaha duh bisa aja cintaaaa :D hhe

      Hapus
  14. aku baca postingan ini abis selesai quiz Calculus..
    Rasanya pengen nangis..
    Tahun lalu, aku dapet guru kece dari England. Cara neranginnya itu bikin faham seakar-akarnya.. Gak perlu ngapalin rumus, karena di dalam kehidupan sehari2 kita boleh kok ngafalin rumus.
    itu prinsipnya dia.

    Sekarang dosenku (ya ampun), soal yg beliau kasih itu --------
    ah, sudahlah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. widih kece banget gurunyaaa... keren emang prinsip prinsip orang-orang seperti itu, patut dicontoh..

      kenapa dosennya ?? ;0 ? ahsudahlah..

      Hapus
  15. Ah matematika, apa lagi itu. Gue plaing anti sama pelajaran ini. Jadi nilai gue selalu jelek kalau udah kena matematika. Harusnya gue punya penyemangat kayak lo waktu smk dulu biar enak gitu. Hahahaha. Tambahan, Dim. Tolong perhatikan awalan 'di' ya, kalau untuk menyatakan tempat 'di'-nya dipisah. Kayak di SMK.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha cari dong penyemangatnya biar ga anti matematika lagi haha :D oia thanks pencerahannya :D hehe

      Hapus
  16. Dulu.. pas MI gue seneng banget MTK mas, Nilainya juga.. bagus terus. Tapi, pas SMP.. udah gak terlalu seneng banget soalnya kurang rajin juga, udah gitu suka nyontek pula, padahal sebenernya bisa, cuma kurang PD aja. Terus SMA ini, pengen memperbaiki sikap sering nyontek, masih bertahap.. dikit-dikit. Soalnya saking seringnya nyontek PDnya ngerjain soal MTK ilang, takut salah mulu. dan mesti ngelirik-ngelirik temen. minder kali ya, gue ini. :( u.u

    BalasHapus
    Balasan
    1. ciye yang pernah seneng sama mtk ciye bahaha... iya keseringan nyontek jadi engga PD jadi minder sendiri ya :')

      Hapus
  17. untungnya dari kecil gue selalu berdamai sama matematika, sampai guru dosen yang galak pun jadi lemah lembut di depan gue.
    tapi teman, percayalah bahwa sebenernya guru dosen yang killer itu sebenernya sayang sama ita, hanya saja mereka terlalu malu mengungkapkannya
    percayalah . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. cie yang damai sama matematikaa hehe... iya percaya kok emang guru galak itu sebenernya pemalu buat nunjukin sayangnya sama kita ~ malu malu gimana gitu..

      Hapus
  18. Awalnya gua suka sama MTK. Suka dr SD sampai SMP. Krn cuma sampai di situ nilai gua bagus. Di SMA jelek, dan bodo amat. Tapi syukur, nilai UAN gua bagus.

    Dan gua lebih suka MTK drpd pelajaran olahraga. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahaha bodoamatlah ya hehe, tapi syukur nilai UAN aman hehe...:D

      Hapus
  19. kalo gue pribadi, suka sama pelajaran matematika. pas sd doang sih... ktika masuk pondok... perlahan dan pasti mulai d tgl tidur aja, tiap pelajaran itu. dan untungnya, gue jauh dri ortu, dan walaupun nilai gue jelek, ga bakalan di marahin. wahahahah...

    bener tuh kta o. klo mau di inget murid, mendingan sekalian jdi guru yg galak. yg killer. bawa gergaji mesin, tiap ngajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk enak ya nilai jelek tetep aman hahaha :D iya bawa alat perkakas aja sambil ngajarnya haha :D

      Hapus
  20. Buahahahaha gue juga termasuk spesies yang selalu gamang karena kehadiran matematika. gue inget dulu pernah dapet nilai 0 dan kertas ulangan gue waktu SD itu gue sobek2 hingga bercerai berai lalu gue biarkan jadi misteri yang tak pernah terpecahkan di hadapan org tua :v

    #malah curhat :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahaa tost dulu lah kita, gue juga pernah kaya gitu.. biarkan kertas ulangan itu jadi misteri yang tidak terpecahkan :D wkwk

      Hapus
  21. Nah ini kisahnya mirip-mirip aku pas sekolah dulu. Bedanya bukan karena naksir orang pinter matek baru bisa, tapi ya itu, emang kefikiran buat nyukain matematika itu sendiri. Awalnya emang bikin otak berasap, lama-lama dibikin penasaran juga sama pelajaran satu itu. Well sekarang kerjaannya dikampus ya ngitung-ngitung juga di mata kuliah statika bangunan. Hihihi. Keren nih postingannya. Oh iya salam kenal yah! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya waktu sekolah "dulu" yah, dulu iya dulu kadang kangen kalo ngomongin soal "dulu" -

      hehe iya kalo udah disukain biar serumit apa pun itungannya tapi jadinya asik ya :D hehe, makasih ya... salam kenal kembali :D

      Hapus
  22. Hahaha itu endingnya kenapa gitu deh. Asik kan sempet pengin belajar matematika buat deketin cewek. Uhuy.Salam kenal ya. Baru pertama kali nih main ke sini. \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ya begitu jangan diikutin sesat.. hehe asik banget dong :D oke salam kenal kembali, #happyblogging :D

      Hapus
  23. ahh, sama banget sama gue Mas...saking gue nggak bisa matematika..dulu gue udah terlanjut masuk IPA, eh pas UAN karena nggak bisa abis UAN gue langsung nangis di ruang kelas..mana diliatin sama temen temen..abis itu gue nggak bisa tidur sampai pengumuman kelulusan..dan pas kuliah juga gue ambil bahasa Inggris karena itu nggak adam matematikanya..kenapa gue malah curhat?? ya udah, cabal yahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha sama ya ga jauh beda, untungnya gue engga sampe nangis dikelas, paling nangisnya dirumah gue haha... eah kaka :/

      Hapus
  24. guru galak itu ada tujuannya ...kenapa ? ya biar kita bisa... saya ingat betul di kelas 1, 2 SMA saya ndak bisa blas matematika, karena saya meremehkan gurunya... istilahnya ndak peduli... tapi dikelas 3 saya ketemu dengan guru matematika yang super galak, mau gak mau saya jadi peduli dan tiap malam belajar matematika supaya saya ndak digalakin.... hasilnya saya bisa matematika... :D


    tapi gapapa kok kalau ndak bisa matematika asal jangan malas :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang ada tujuannya, tapi kalo lagi pas dimoment itu kan gimana gitu rasanya :/ hehe ya ujungnya sih biar bisa :D, ciye yang bisaaa :D

      Hapus
  25. Emang rata-rata guru matematik mah galak hahaha
    Saya pernah jadi guru 2 tahun dan saya gak galak. Cuma ngejitak pake palu aja jika mereka gak bisa ngejawab :v
    Masa2 kelam sekolah memang saat momennya MTK *ah sudahlah -_-
    Nice post :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaha iya itu mah engga galak tapi sadis -__- wkwk bakalan di inget lo pasti sama anak murid lo nanti hhe :D emang deh mtk, ahsudahlah... thanks :D

      Hapus
  26. Jujur, gue lebih suka matematika daripada pelajaran lain.
    Emang bener sih, rata-rata guru matematika itu galak. :D
    Kalo kata gue sih, lebih mending guru galak. Kalo lagi nerangin gampang ngerti soalnya murid yang lain pada takut sama guru yang galak itu. :))

    Kayaknya bener tuh, jadilah guru galak biar jasamu saat memarahi murid itu terkenang hahaha. :D

    BalasHapus
  27. Gak semua guru MTK itu galak lo, buktinya guru matematikaku sekarang baik-baik aja, adem ayem belajar sama beliau, sering becanda lagi.

    Tapi ya tetap lah, yang namanya matematika, seasyik apapun gurunya, soalnya gak bisa diajak asyik, padahal pas beliau nerangin, bisa kok, lah pas ulangan, DUAR! :3

    BalasHapus
  28. Nah kan, jangan diremehin deh apapun itu, termasuk matematika.
    Ya pastinya bakal bikin kita kangen dan super kangen sama masa-masa itu karena ga bisa diulang lagi. :D

    BalasHapus
  29. matematik emang nyebelin. terakhir uas gue dapet 3,75. perfect...
    tapi kalau ngomongin guru matematika, untung guru mat di sekolah gue baik.
    dia menganggap murid sebagai teman. sering main futsal bareng malah :))

    BalasHapus
  30. waduh nasihatnya...jadi guru killer.

    jaman sekarang udah beda gan, jewer kuping murid sedikit aja udah bisa jadi kasus kriminal. mana bisa lagi guru killer ngasih hukuman yang macem-macem.

    BalasHapus