SEKEDAR HARAPAN TANPA PEMBUKTIAN

by dimazrisen 12/28/2014 48 Comments



Tinggal hitungan jam menuju penghujung tahun 2014. Banyak hal yang udah membuat gue belajar ditahun ini. Dari yang namanya merasakan senang, sedih, bahagia, sampai duka. tahun ini bakalan menjadi tahun yang penuh cerita buat gue.

Banyak harapan yang bertebaran, pastinya disetiap kata "awal". setiap awal bulan, awal tahun banyak menaruh harapan untuk lebih baik kedepannya, tetapi banyak dari orang yang menaruh harapan tanpa ada pembuktian, setiap memasuki awal bulan dia menaruh harapan, setiap memasuki tahun baru juga sama. 

Terus berulang seperti itu kedepannya, kebanyakan orang tersebut adalah gue yang ikut didalamnya. Gue sempet bertanya sama diri gue, mana pembuktian dari apa yang lo harapin ? dan diri gue yang lain menjawab "ya belom ada dan ga semudah itu broh, semua butuh proses, kita boleh berharap tapi tuhan yang menentukan".

Gue sadar, memang segala sesuatunya itu engga ada yang instan, semuanya memerlukan proses. tapi apa proses yang lo lakuin selama ini ? seketika suasana menjadi hening. tak ada jawaban dan tak ada respon dari diri gue yang lain.

Suatu hari disaat gue sedang terdiam dan engga tau harus ngapain, ade gue yang masih duduk dibangku sekolah dasar bertanya sama gue.

Ade : mas, sekarang hari apa ?

Gue : ya lo gimana sih sekolah masa engga tau sekarang hari apa.

Sebenernya pas dia bertanya itu gue juga engga tau ini hari apa, gue mencoba mengingat dan melihat hp sekarang hari apa.

Gue: 
sekarang hari rabu, kenapa emang ?

Ade:
oh, engga apa-apa mas.

Ade: 
kemarin senin, selasa, sekarang rabu, besok kamis, jumat sabtu terus minggu, abis itu senin lagi, selasa lagi, waktu berjalan cepet banget yah mas.

Seketika gue tersentak dan berfikir keras, ketika ade gue berkata seperti itu. Dulu gue dijaman sd engga pernah memperhatikan yang namanya waktu, 7 hari dalam satu minggu itu menurut gue lama banget. 

Gue:
iya, emang cepet banget, tau tauan lo bisa ngomong waktu berjalan cepet banget.

Ade:
Iya mas, emang gitu ngerasanya.

Selepas pembicaraan gue sama ade gue, gue merenung dan berfikir, waktu cepet banget berjalannya, hari ini gue bangun tiba-tiba gue udah mau tidur lagi, setiap harinya sama seperti itu. hari ke hari, bulan kebulan, sama!

Gue sadar, sampai saat ini gue udah banyak banget menyia-nyiakan waktu gue dengan hal yang kurang bermanfaat. terkadang cuman kesenangan sesaat yang gue dapet. terus apa yang bisa lo banggain ? mau sampe kapan ? selintas pertanyaan itu mulai bermunculan dipikiran gue. gue diam dan gatau harus jawab apa.

Terus apa yang dibilang semua butuh proses ? dimana proses yang lo lakuin ? sementara gue sendiri engga melakukan apa-apa untuk membuktikan/mewujudkan harapan gue. ah bullshit. Ini gue VS diri gue yang lain.

Umur semakin bertambah, harusnya lo semakin berfikir apa yang bisa lo lakuin, waktu itu terlalu berharga untuk lo sia-sia in begitu aja. Lo boleh berharap akan menjadi lebih baik kedepannya, tapi lo juga harus membuktikannya, bukan sekedar harapan tanpa pembuktian. jangan sampai lo menyesal pada akhirnya.

Mungkin tulisan ini adalah tulisan penutup tahun 2014 untuk masa-masa dimana gue banyak membuang waktu. Udah cukup buat semuanya. Sekarang udah waktunya berubah. Ini tekad gue. Inget gue udah bukan anak Smp atau Sma lagi yang kerjaannya cuman nongkrong dan pacaran ngabisin waktu sampe malem. jangan sampe lo nyesel karna masa muda lo engga bisa lo gunain dengan hal yang lebih bermanfaat. Masa muda berkarya, tua berjaya.

Gue tetap berharap, tapi bukan hanya diawal bulan/tahun. Tapi gue berharap untuk setiap detik, setiap menit dan setiap jam yang gue lalui, gue bisa lebih baik lagi dan lebih bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Mulai dari hal kecil yaitu konsisten dalam hal apapun itu.

"Semua akan indah pada waktunya, tapi semua akan menjadi bullshit ketika lo ga berusaha melakukan apapun."

Terimakasih 2014.
===============================================================================================================================

48 komentar:

  1. Emang gitu, dim. Lu harus belajar dari hal apapun yang pernah mata lu lihat, telinga lu denger, dan tangan lu rasakan. Biarkan diri lu sering menjadi sadar, bahwa waktu ini sunggu banyak dan jangan disia-siakan.

    Tetap semangat, brohhh.. You can do it..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ruuuu semoga tidak terulang lagi,,,

      yes i can do it.. :D

      Hapus
  2. Selamat tahun Baru kak Dimas, semoga lebih sukses dan yg diharapkan tercapai. Amin. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat tahun baru juga kak, aminnn aminnnn :D

      Hapus
  3. Bener ya. Tau-tau uda hari apa gitu. Pas sadar malah ngga ngelakuin apa-apa :(

    At least 2014 lebih konsisten ngeblog en blogwalking, bagi aku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sadarnya suka telat -_- amin semoga aja ya :D

      Hapus
  4. Iyuuukk!! Gue ngucapin selamat tahun baru dari awal aja ya, Dim?? Hahahahah.
    Mari kita konsisten tahun depan, soalnya gue juga sama kayak yang lo rasain, harapan hanya sekadar harapan tanpa pembuktian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yukkk!!! ayok wan semoga kedepannya semakin konsisten :D

      Hapus
  5. Di jalani aja Bro, semu gitu :)
    yg Penting terus belajar sambil memperbaiki yg belum tercapai di 2014
    Dan Berusaha di capai di 2015 =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya brooo... aminn semoga tahun 2015 tercapai yang belum di2014 :D

      Hapus
  6. Sama! Salah satu resolusi 2015 jangan mudah terlena dan menyepelekan sesuatu. Serasa sering banget nunda2 kerjaan -_-

    BalasHapus
  7. Wuih! Tekadnya keren deh, semoga bisa tercapai dan gak cuman ucapan.
    Bener tuh kata ade lo, waktu berjalan dengan cepat.
    Jadi hargai wakru yang lo punya.
    Dan selamat menyambut tahun baru..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aminnnnnn, selamat tahun baruuu!! :D

      Hapus
  8. Amin! Semoga tahun depan jadi tahun yang keren buat kita semua ya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aminnnn semoga kita semua menjadi keren :D

      Hapus
  9. Emang kita in jangan cuma berharap aja. Kita juga harus berusaha dan saat berusaha pasti ada proses.
    Anjir, quote yg terakhir itu kayaknya cocok apa yg lagi gue alami sekarang.
    Semoga tahun depan kita semakin sukses ya. Aamiin. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaaa hammm... aminnnnnn amin :D

      Hapus
  10. Sama ajalah, banyak kok yang ngalamin yang ujung-ujungnya baru sadar pas tahun yang dianggap harusnya pesat malah udah mau berakhir dengan gitu-gitu aja. Beberapa malam yang lalu aku nggak sengaja dengar lagu Glen Freddly yang Terang. Di situ nyentak asli, dengerin aja. Salah satu liriknya ada "Jadilah harapan jangan hanya berharap"

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ternyata banyak juga ya,, oke langsung streaming lagunya diyoutube :D hhe

      Hapus
  11. skarang juga sama sih. brusaha untuk lebih bermanfaat. berusaha agar tiap harinya ada hal baru yg bisa di kerjakan. dan klo bisa setiap harinya lebih baik dari hari sblumnya.

    yah, emang bner ga akan ada hasil sih klo cman harapan doang, tanpa usaha. ttap smngat. goodbye 2014. smngat trus, dim

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iyaaa,... semangat terus kok mad.. thankyou ya. lo juga harus semangat dengan kejombloan lo dimesir ya haha :D

      Hapus
  12. ya, hampir mirip sama gua. Mampir ke sini yukk www.muhammadrenaldi.ga #masihnbeginner

    BalasHapus
  13. Keren nih, aku juga sering membuang-buang waktu :(

    Bener banget, aku juga berharap mulai dari sekarang nggak lagi buang-buang waktu :D
    Lebih memanfaatkan waktu dengan baik pokoknya, Amin. Semoga bisa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah jangan diulangin lagi ya kedepannya :D aminnnnnnnn aminn semoga bisa :D

      Hapus
  14. Waktu, ngga bisa diulang lagi.

    BalasHapus
  15. Semangat kedepannya om, tekadnya keren tuhh, selamat tahun baru!! walupun belum-_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semoga pembuktiannya juga keren!! amin... selamat tahun baru :D

      Hapus
  16. Selamat Tahun Baru! Tahun baru semangat juga harus baru tapi jangan cuma pas baru-baru tahun baru semangat xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini bener banget, jangan awalnya doang semangat. semoga bertahan bahkan meningkat semangatnya :D

      Hapus
  17. Yow! Postingan spesial tahun baru. Selamat tahun baru 2015. #Resolusi2015

    BalasHapus
  18. nah keren nih. kebanyakan emang cuma ngimpi doang, tapi gak mau bertindak

    BalasHapus
  19. setiap tahun banyak orang yang bikin resolusi, itu artinyamereka bikin harapan mereka sendiri. itu bagus menurut gue. mereka berarti nggak kehilangan harapan, begitu juga dengan lo Mas, jangan hilang harapan.. tinggal take action ajah kalau mau harapan itu jadi kenyataan... sori nih gue malah ceramah.. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya om.. thankyou pencerahannya sekarang gue mau action dulu, doain ya hhe;)

      Hapus
  20. Sip, setuju masa muda berkarya masa tua berjaya. Semoga semuanya tercapai di tahun 2015 yak, mari sama-sama berjuang! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap, mari kita buktikan... berjuang dan semangat :D

      Hapus
  21. happy new year mz..
    haha bener tuh, kadang kita bilang prosesnya nggak gampang, padahal kita nggak ngelakuin proses itu.
    semoga di 2015 menjadi lebih baik. aamiinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat tahun baru juga ya bang... nah iya itu diaa... amin aminnn semoga lebih baik ya :D

      Hapus
  22. Semua akan indah pada waktunya, tapi semua akan menjadi bullshit ketika lo ga berusaha melakukan apapun."

    Kata-kata ini berasa menamparku untuk melejit,.. setuju sekali broh! Saya terlalu banyak mengharap, tapi apa, ngga banyak yang dilakukan. Duh...duh... harapannya sih ngga muluk-muluk... ingin cepet ketemu sama bidadari... hahaha. Bidadari dunia, sebaik-baiknya perhiasan dunia.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah aminnn broooo.. salamin kalo udah ketemu bidadarinya.. bilang masih ada ga bidadari yang lain ? gue mau kenalan haha

      Hapus
  23. Setuju juga "masa muda berkarya masa tua berjaya" semoga aja ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semoga ajaa.. aminnnn dan semoga bukan hanya semoga .. :D

      Hapus
  24. Btw besok dah selasa di 2015 yaaaa #kacau

    BalasHapus