Bergerak atau mati ditempat.

by dimazrisen 1/26/2015 , , 45 Comments

Ini adalah fase dimana tingkat kelabilan harus diakhiri, tepatnya kita bukan lagi anak kecil manja yang hanya bisa ngerengek menangis untuk meminta sesuatu. Inilah kita dimasa muda. Masa dimana kita harus mengenali siapa kita, dan kemana kita akan menentukan pilihan.

Umur memang tidak menjamin kedewasaan, tapi pola pikir dan sudut pandang yang kadang memperlihatkan kedewasaan itu, disini gue bukanlah orang dewasa yang mempunyai kumis dan jambang, gue hanyalah orang biasa yang ingin menentukan pilihan untuk maju dan berkembang. bukan berkembang biak atau terbang, itu namanya belalang.

Seringkali gue merasa heran, apa cuman gue yang cemas memikirkan masa depan, sementara mereka yang seumuran masih bisa ketawa riang tanpa berfikir panjang. Mungkin gue berada dilingkungan yang salah, tapi gue engga bisa menyalahkan lingkungan itu sepenuhnya, karena dari lingkungan itulah gue belajar mengenal sifat baik atau buruknya seseorang.

Gue juga pernah ada disana, dimana gue bisa ketawa riang tanpa berfikir panjang. Gue pernah merasa nyaman dengan kondisi itu, sama seperti yang mereka rasakan, tapi itu dulu, cepat atau lambat semua pasti akan berubah. tetapi sampai saat ini mereka masih sama. bukan maksud meremehkan tapi dahulu kita pernah berada dijalan yang sama.

Sampai akhirnya gue sadar ini adalah jebakan, terjebak oleh rasa nyaman dilingkungan dan pergaulan yang salah. Terkadang memang yang salah itu seringkali membuat seseorang nyaman.

Awalnya memang sulit untuk meninggalkan kebiasaan lama, hasrat itu selalu datang disaat gue berusaha untuk pergi. Tapi karna niat, gue engga boleh nyerah gitu aja, berulang kali gue mencoba mencegah dan menghindari sesuatu yang membuat kebiasaan lama itu datang, terus dan terus gue coba, akhirnya sedikit demi sedikit kebiasaan buruk yang sering gue lakukan dulu mulai bisa gue tinggalkan.

Jujur disaat itu gue seneng banget, karna untuk melawan diri sendiri itu rasanya engga semudah yang lo bayangin, sama halnya ketika lo menilai seseorang, tetapi untuk menilai diri lo sendiri aja lo engga bisa, dan seringkali kita menilai tanpa memahami, makanya sebelum lo menilai seseorang, baiknya lo harus kenali dan pahami dulu orang itu, bukan sekedar menilai tanpa memahami.

Seiring dengan usaha gue meninggalkan kebiasaan lama, gue jadi lebih sering membaca artikel tentang pengembangan diri, dan bagaimana kita mengenali diri kita, artikelnya bisa lo browsing dan itu bermanfaat banget, sayang banget rasanya kalo lo masih memanjakan rasa malas lo untuk membaca, mau sampai kapan rasa malas lo menguasai diri lo ? rugi men, serius deh!

Selain itu gue berusaha mendalami bidang yang gue sukai, dan lagi-lagi ketika kita niat dan kita bergerak pasti ada aja sesuatu yang kita dapat, dibandingkan kalo kita cuman niat niat niat tanpa melakukan pergerakan, sekali lagi, lo ga bakal dapet apa-apa dari niat tanpa usaha.

Yang gue yakini, positif dan negatif itu datangnya selalu bersamaan, dimana kita dapat hal positif disana kita juga akan dapat hal negatif, contoh kecilnya ketika kita melakukan hal positif misalnya melakukan sesuatu yang kita sukai terkadang kita lupa dengan hal yang ada disekitar kita, kaya mandi, makan, atau apapun itu.

Ini yang gue rasain, seringkali gue merasa jenuh dan datar, gue seneng gue masih bisa merasakan jenuh, tandanya hidup gue engga datar, tapi ketika jenuh itu engga kunjung pergi disanalah hidup lo akan terasa datar.

Seringkali gue sendiri keluar dan pergi ketempat-tempat yang belum gue ketahui dengan niatan emang pengen nyasar, gue mencoba menikmati hal sekitar, berada ditengah keramaian orang-orang yang berlalu lalang, gue memperhatikan mereka ada yang berjalan sendiri sampai ada yang berjalan berpasangan.

Melihat orang-orang tersebut entah kenapa gue merasa seneng banget, ada rasa yang engga bisa gue ungkapkan dengan kata-kata, mulai dari yang tua sampai yang masih muda, mereka semua jalan bergandengan tangan, hmm.. kecuali mungkin yang sendirian. ya okelah termasuk gue tapi itu bukan intinya.

Karena keseringan nyasar, gue jadi punya hobi baru, ya hobi baru gue adalah jalan-jalan, dari sana gue suka berpergian jauh sama temen atau sendirian bahkan tanpa pacar, kenapa begitu ? karna gue engga mau hidup bergantung dengan orang lain, selagi gue bisa melakukannya sendiri, gue bakalan seneng ngelakuinnya sendirian yang pastinya tanpa paksaan dan tanpa beban.

Dari hobi baru yang gue jalani gue jadi banyak bertemu orang-orang baru, mereka semua unik dan berbeda beda sifatnya, ada yang keras, ada yang lembut, ada yang kepala batu, ada yang ramah tamah, disetiap perjalanan orang-orang tersebutlah yang memberi warna dan itu adalah pelajaran tersendiri yang gue dapet tentang warna-warni kehidupan.

Bukan cuman itu aja...

 

 


Ini adalah beberapa moment dari sekian moment indah lainnya, disini gue seneng banget bisa melihat dan merasakan langsung keindahan itu. gue bersyukur banget atas segalanya.

Seolah perjalanan yang melelahkan, terbalas dengan keindahan yang gue rasakan. walau disana itu dingin banget, tapi gue seneng banget, karna disanalah pertama kali gue berada ditengah-tengah pelangi, dari pelangi itu sendiri gue belajar, bahwa untuk menikmati keindahan itu ga cukup hanya dilihat tapi juga harus dirasakan. disitulah gue merasakan seseuatu yang engga biasa.

Gue sadar, pelangi itu memang indah, tetapi pelangi tetaplah pelangi, yang memberi keindahan sementara lalu menghilang. jadi jangan pernah mau kalo digombalin "aku mau jadi pelangi dihati kamu biar aku bisa memberi keindahan dan mewarnai hatimu yang sepi" itu adalah calon php. jadi kalo lo digombalin dengan kata-kata pelangi, langsung timpuk aja orangnya. karna cepat atau lambat dia cuman memberikan kenyamanan sesaat buat lo dan pergi meninggalkan luka dihati.

Gue bikin tulisan ini bukan maksud untuk meremehkan lingkungan dan pertemanan atau apapun itu, gue cuman ingin mengajak bahwa kalo lo ingin menikmati masa muda masih banyak hal indah diluar sana yang bisa lo nikmati, bukan cuman dengan minuman atau obat-obatan dan pergaulan bebas yang saat ini lo bilang nikmat, yang lo nikmati saat ini bakalan merusak lo nantinya. 

Buka mata lo men, ayolah.. tinggalin kebiasaan lama yang dapet ngerusak masa depan lo sendiri men, katanya mau menikmati masa muda, banyak hal baru yang harus lo cobain, kalo lo cuman diem disana lo ga bakalan dapet apa apa men, waktu itu terus berjalan men, dan hidup lo juga harus bergerak. banyak pelajaran dari sekitar yang sebenernya bisa lo ambil men, alam ini terlalu indah buat lo sia-sian.

Sekarang pilihannya ada di diri lo sendiri men, lo mau bergerak atau mati ditempat ?
===============================================================================================================================

45 komentar:

  1. Aku juga seringkali cemas tentang masa depan. Tapi kemudian aku memilih untuk mempersiapkan masa depan sambil menikmati masa sekarang.
    Anyway, tulisannya bagus, dan itu sumpah foto yang ada pelanginya keren bangeeeet.
    Salam kenal dan izin follow ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya menikmati sambil mempersiapkan diri ya :D iya apalagi aslinya keren banget deh, harus cobaaa pokoknya :D iya salam kenal ...

      Hapus
  2. Keren banget dah itu air terjunnya sumpeh pengen main air disana biar kaya bidadari wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cobaaiinnnnnn :D asik banget ...

      Hapus
  3. Itu air terjun daerah mana, sih? Keren!
    Cieee tulisannya memotivasi. :D
    Emang bener, kalo menikmati masa muda memang seru. Tapi nggak merugikan diri sendiri, apalagi orang lain. Mending berkarya. :)
    Nice post, Bro!

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu curug cimahi / curug penganten gitu daerah bandung, dari kampung gajah lurussss lagi pokoknya jalan kesana banyak monyetnya :3 tapi seru...

      semangat berkaryaaa :D

      Hapus
  4. Setelah lama menghilang. Setelah datang langsung ngasi motivasi gini. :D

    Lu keren, udah bisa mikir untuk berubah. :D

    Terus berkarya, kawan. "Btw, sepertinya mulai menjamah fotografi sekarang." :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe gue engga ngilang ru, cuman suka ngumpet aja wkwk... aminnnnn semangat berkarya hhee.. engga juga kok ru, sebagian hobi kecil doang itu hhe..

      Hapus
  5. Widih. Tumben banget postingannya jadi serius gini. Gue setuju sama pemikiran lo. Makin kesini kita makin mikir ya buat kedepan nanti kayak gimana.
    Anyway itu foto terakhir lo liet deket pelanginya? Anjir kereeeennnn .___.

    BalasHapus
    Balasan
    1. abis kejedot pintu ini va.. haha... iyaaa bukan deket lagi tapi pelanginya tembus kebadan gue va... keren banget. lo harus cobain.

      Hapus
  6. Ini tulisannya keren banget. ga sia-sia nyasar disini. pas banget dengan apa yang lagi widya alami. emang bener sih. jangan terlalu keasikan berada di zona nyaman. inspiratif banget. makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. makasih kak widyaaa :D ayo keluar dari zona nyaman dan bergerak melangkah kedepan, semangat...

      Hapus
  7. hmm. cie hobi travelling...
    setuju tuh, kita memang harus bergerak dari comfort zone kita.
    atau kalau enggak.. kita akan dimakan zaman. mati

    BalasHapus
  8. Tulisannya ngebuka pola pikir, keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. awas pikirannya keluar keluaran :D makasih ...

      Hapus
  9. inspiratif, gue juga mulai bergerak dari zona nyaman yang mematikan itu
    semoga gue segera bisa menemukan zona baru yg lebih menantang

    BalasHapus
  10. bepergian untuk sengaja nyasar? hihi seru juga.
    baca ini makin memantapkan aku untuk berani traveling sendirian.


    dudukpalingdepan.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, abis kalo nungguin temen kadang.. semuuuu :'D... ayo dong cari pengalaman baru hhe

      Hapus
  11. postingannya inspirastif,,setuju kalau hidup itu harus bergerak maju :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasihh :D iya life must go on :D

      Hapus
  12. gue setuju banget sama postingan lu..sekarang adalah saatnya kita untuk mulai berpikir ke depan dan nggak melulu berkubang di kegalauan terus menerus...dan emang mumpung muda, lkita harus melihat dunia lebih lebar, berjalan dengan langkah lebih panjang dan berusaha untuk bisa menjadi lebih kuat..gue juga dulu baca buku buku motivasi saat kuliah, ikutan seminar inspirasi seperti Merry Riana...dan itu emang berdampak banyak bangat buat pola pikir gue, inspiratif kakak! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya, makasih ya udah setuju, mumpung masih muda, sayang kalo kita hanya terdiam ditempat tanpa melakukan apapun :D

      Hapus
  13. njiiir, tumben''an lo ngomong bener, dim.

    bukan lo doang kok. banhyak orang yg sering mikir gtu, tapi ga mau diambil pusing. di jalanin, tapi sbelum itu mereka psti udah pnya rencana. terkadang manusia masih nyaman dengan zonanya. nyaman dengan orang'' lama, dan susah bergaul dengan orang baru. dan krena hal itu, sring banget orang yg nggak berdiri sndiri, maunya mnta tolong.
    keren nih, setuju. buat kli ini aja sih, behahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, iya tumben, abis kepetentok tembok ini zi haha... haha okelah makasih zi buat kali ini juga wkwk

      Hapus
  14. Zona nyaman emang nggak baik. Karena bisa menghabat kita buat bergerak maju. Zona nyaman membuat kita serasa sudah cukup hidup seperti itu.

    BalasHapus
  15. Serius yah tulisan ini hahaha. Aku juga sering khawatir soal masa depan, tapi terus inget kata orang, future start today. Jadi ya jalani hari ini sebaik mungkin aja lah :))

    Itu air terjun di mana sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, jalanin dengan sebaik baiknya ya :D... itu dibandung kak :D cobain kesana, keren.. curug cimahi gitu :D

      Hapus
  16. Memang berar rasanya keluar saat terjebak dalam kubangan kenyamanan. Di perlukan kemauan dan keberanian menganbil tindakan untuk berubah dan bergerak ke arah lebih baik ke depannya.

    BalasHapus
  17. Keren.... sayang, dikota gue nggak ada bentang alam yang bisa dinikmati. Mentok-mentok paling liat sungai kapuas. Itu pun kalo hoki, kalo nggak paling liat eek ngambang disana.

    BalasHapus
  18. Duh, bener-bener memotivasi. Kita jadi harus memanfaatkan masa mudah sebaik mungkin. Gak boleh disia-siain. Percuma juga seneng tapi ujung-ujungnya bingung mau ngapain.

    Tulisannnya bener-bener memotivasi. Memotivasi supaya kita mau berubah menjadi orang yang lebih baik lagi. Jadi, aku lebih milih bergerak daripada mati ditempat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap.tulisannya bisa membuka wawasan parakaula muda.ingat akan masa depan.

      Hapus
    2. Mantap.tulisannya bisa membuka wawasan parakaula muda.ingat akan masa depan.

      Hapus
    3. Nah, semangat mas.. jangan sia siain waktu yang berjalan cepat ini :D

      Hapus
    4. Ending Prakarya : makasih... semoga kita lebih berkembang kedepannya :D

      Hapus
  19. Hazek. Uda dewasa nih. :D

    Just do what is you want to do. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum, ini lagi belajar hehe..

      maybe that's right :D

      Hapus